Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi - Dispenser adalah salah satu perabotan rumah tangga, anda yang biasanya mengonsumsi air kemasan dalam galon biasanya memiliki dispenser untuk memudahkan anda mengambil air.

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi


Dispenser air dulu banyak bentuknya, dulu biasanya hanya sebuah wadah kecil keramik, sekarang ini banyak dispenser yang lebih canggih, diantaranya yaitu dispenser listrik canggih dengan kemampuan menyediakan air yang panas maupun dingin, selain itu juga terdapat lemari es kecil yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menaruh buah, minuman dingin, atau lainnya.

Karena dispenser fungsinya untuk mengaliri air putih, maka itu dispenser wajib untuk dirawat dan dibersihkan supaya dispenser tidak kotor atau berdebu yang juga akan berdampak pada air yang anda konsumsi. Setidaknya anda dapat membersihkannya setiap 6 minggu sekali atau setiap saat pergantian galon. Hal ini harus anda lakukan untuk menghindari dispenser dari bakteri.

Untuk dispenser dari wadah keramik anda hanya perlu membersihkan area wadah dan krannya secara teratur, disarankan untuk membersihkannya setiap saat pergantian galon. Dan bersihkan kran dispenser agar tidak berlumut atau menghitam.

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi


Sementara untuk dispenser listrik, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan agar dispenser tidak kotor dan tetap awet. Untuk anda yang baru saja membeli dispenser listrik diusahakan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum digunakan, tidak dapat langsung untuk diberi air kemasan galon, karena mungkin masih terdapat bakteri yang mempengaruhi kualitas air.

Agar air minum selalu bersih dan aman di konsumsi, berikut cara merawat dispenser agar tetap awet:

1# Bersihkan dispenser dengan rutin

Untuk menjaga air minum selalu bersih pastikan anda membersihkan bagian luar dan juga dalam dispenser, untuk dispenser wadah keramik anda dapat mengelapnya dengan tisu basah begitupun dengan dispenser listrik. Sebelum itu, taruh air ke wadah yang disiapkan sebagai penampungan air sementara, selain itu anda juga dapat melihat kehigienisan air yang anda konsumsi.

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi


Anda dapat melakukannya setiap 3 bulan sekali untuk menghilangkan tumpukan debu dan kerak pada dispenser anda, dan jangan lupa untuk membersihkan galon untuk menghilangkan kotoran pada luar galon.

2# Tempatkan dispenser di ruang yang sejuk dan jauh dari sinar matahari

Untuk menjaga kualitas air, tempat yang pas untuk dispenser anda adalah ruangan yang kering dan sejuk. Ruangan yang terlalu lembab akan memicu tumbuhnya jamur di permukaan dispenser. Selain itu jangan letakkan dispenser di ruangan yang terkena sinar matahari secara intens karena akan mengurangi kinerja dispenser.

3# Pastikan tegangan listrik tetap stabil

Kapasitas tegangan listrik biasanya kurang stabil, kadang listrik naik dan kadang juga turun hal itu menyebabkan ketidakseimbangan kinerja komponen-komponen elektronika yang ada dalam dispenser tersebut. Hal ini dapat menyebabkan dispenser mudah rusak karena dispenser kurang optimal. Untuk masalah ini anda dapat menyediakan perangkat elektronik seperti stabilizer agar tegangan tetap konstan di angka 220 volt.

4# Matikan Dispenser Saat Air Galon Kosong

Jika air yang dikonsumsi sudah habis dan anda akan menggantinya, terlebih dahulu anda harus mematikan dispenser tersebut. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia biasanya adalah tetap menyalakan dispenser meskipun air galon sudah kosong. Sebaiknya hindarkan perilaku tersebut, matikan dispenser agar mesin pendingin/pemanas berhenti bekerja. Lalu anda dapat mengganti air galon dan menyalakannya kembali.

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi


Jika sudah demikian, anda juga tidak boleh melupakan untuk rutin membersihkan dispenser. Karena kebersihan dispenser bisa menjadi kunci keawetan dari dispenser itu sendiri.
Selain itu, dispenser yang kotor juga bisa menyebabkan air minum yang kotor dan berbau bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan keluarga anda.

Bahkan hal ini bisa menimbulkan penyakit berbahaya dibiarkan terus menerus. anda tidak perlu khawatir saat membersihkan dispenser, karena ada banyak cara yang bisa anda gunakan. anda bisa memakai bahan alami atau menggunakan obat pembersih alami seperti karbol atau perasan lemon. Jika mengunakan obat pembersih anda tidak perlu takut jika dispenser air minum anda menjadi berbau..

Selama anda membilasnya dengan cukup serta menggunakan karbol yang tidak berbau tajam. Sehingga dispenser tidak akan meninggalkan bau tajam yang mengganggu kenikmatan air minum di rumah anda.

Berikut Cara Membersihkan Dispenser yang Dapat Anda Lakukan:


1# Membersihkan dengan Cuka Apel

Anda dapat membersihkan dispenser dengan menggunakan cuka Apel. Cuka apel adalah bahan alami yang dapat membersihkan dispenser anda, selain itu juga dapat membersikan perabot rumah tangga lainnya. Kenapa menggunakan cuka apel? Ini dikarenakan cuka apel tidak berbau tajam. Jika anda sulit menemukannya anda juga bisa memakai cuka lemon yang juga memiliki bau lebih lembut.

Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi


2# Membersihkan dengan Karbol yang Tidak Berbau Tajam

Jika anda ingin menggunakan cara dengan menggunakam bahan yang tidak alami yaitu dengan menggunakan karbol yang berbau tidak tajam. Ini dikarenakan karbol yang berbau tajam akan sangat susah untuk dibersihkan. Sehingga bisa mempengaruhi rasa air minum nantinya.

3# Membersihkan dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang terbukti ampuh membersihkan lemak membandel serta bau tidak sedap. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk membersihkan dispenser. Selain itu uga jeruk nipis akan memberikan wangi yang segar pada dispenser anda.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi. Kunci dari awetnya peralatan rumah tangga adala rutin dan rajin dalam membersihkannya. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Dispenser Agar Air Minum Selalu Bersih dan Aman di Konsumsi"