5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan

5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan - Upaya penjernihan air bermacam-macam, ada yang dapat menggunakan alat penyaring/penjernih air, membuat penyaringan air yang sederhana, sampai menggunakan obat penjernih air, tentunya obat yang digunakan dalam menjernihkan air adalah obat yang aman digunakan.




5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan

Berikut adalah Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


1# Obat Penjernih Air Dengan Tawas


Salah satu obat penjernih air yang aman digunakan yaitu dengan menggunakan Tawas atau nama lain dari Tawas yaitu Alumunium Sulfat. Menurut Wikipedia Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorph. 

Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu.

5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


Jika anda lihat tawas memiliki tekstur seperti gula pasir putih, di pasar kebanyakan orang menjajakan tawas dalam bentuk pasir tapi terkadang ada juga yang masih bongkahan. 

Dengan warna tawas yang putih ini saat bercampur dengan air, tawas tidak akan berubah warna. Tawas juga dapat ditemukan di toko-toko kimia.

Bahan obat ini berguna untuk menangkal partikel-partikel yang terdapat pada air, dapat air yang bersumber dari sumur, sungai, ataupun air kran agar mengendap di dasar tempat penampungan air.

Kekeruhan air bisa dihilangkan dengan penambahan obat yang termasuk dalam kategori koagulan, tawas termasuk bahan kimia yang mengandung koagulan yang terbukti sangat efektif untuk mengendapkan partikel yang melayang dalam air baik itu dalam bentuk koloid ataupun suspense.

Berikut kami rangkumkan bagaimana cara menjernihkan air menggunakan salah satu jenis obat tawas.

  • Cukup siapkan tawas 3-5 sendok makan untuk 1.000 liter air yang terlalu keruh dan tidak berlumpur.
  • Cukup siapkan 5-8 sendok makan untuk 1.000 liter air yang keruh dan sedikit berlumpur.
  • Berikan dosis yang lebih besar dan banyak jika air masih tidak juga jernih-jernih. Asalkan jangan semuanya anda campurkan.

Jika anda menggunakan tawas yang berbentuk bongkahan, sebaiknya anda hancurkan dulu sampai benar-benar ancur dan lembut, lalu aduk-aduk terus dan pastikan jika tawas sudah larut dalam air.

Jika sudah dicampurkan, diamkan sekitar 6 jam, karena tawas perlu waktu untuk mengikat kotoran dalam air sumur, lebih bagusnya lagi jika anda memasukkan tawas saat sore/malam hari sehingga keesokan paginya air sudah dapat anda gunakan dengan kondisi air yang jernih.

2# Obat Penjernih Air Dengan Kaporit


Kaporit adalah obat yang aman digunakan untuk menjernihkan air, obat jenis kaporit ini juga digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum/PDAM untuk menjernihkan air minum. 

Kaporit atau kalsium hipoklorit merupakan senyawa kimia yang biasanya digunakan sebagai disinfektan di air. Kaporit berguna untuk membunuh bakteri, kuman, dan virus. 

Penggunaan kaporit juga tidak boleh terlalu banyak karena justru akan membahayakan, anda cukup memberikan kaporit 1 sendok makan untuk 1000 liter air.

5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


Kaporit tersedia dalam bentuk tablet seperti obat pada umumnya, kaporit tablet berfungsi sebagai obat untuk strealisasi air. Kaporit tablet ini harus disuntikkan ke dalam klorinator makan akan secara otomatis kaporit tersebut terbawa ke aliran air dan bercampur dengan air yang akan mengalami proses penyaringan/penjernihan. 

Kaporit tablet dalam satu jam akan larut semua ke dalam air dan akan masuk ke dalam penampungan air yang telah anda sediakan. Berbagai penggunaan kaporit tablet ini bisa anda gunakan juga dalam proses penjernihan kolam renang. Dosis nya penggunaan kaporit tablet adalah 15 gram/M3.

3# Obat Penjernih Air Dengan HCL


5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


HCL digunakan untuk menurunkan PH dalam air. HCL dapat digunakan untuk kolam renang dengan mencampurkan HCL terlebih dahulu pada sebuah wadah, lalu anda dapat menuangkannya secara perlahan sedikit demi sedikit sampai campurannya benar-benar merata sesuai dengan takaran. 

Selain itu anda juga dapat memasukkan cairan HCL dan air ke dalam pompa dan tunggu beberapa jam agar tercampur secara merata pada air. Kami sarankan untuk tidak menuangkan cairan HCL secara berlebih, anda dapat menuangkan cairan minimal 1 sendok untuk volume air yang cukup banyak.

Cara yang dapat anda lakukan dalam penggunaan HCL


  • Cukup siapkan HCL secukupnya, sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak memberikan HCL pada air anda.
  • Siapkan wadah dan masukkan HCL pada air, air yang disiapkan jangan terlalu banyak. Secukupnya.
  • Anda dapat memasukkan cairan HCL pada kolam renang atau tempat lain yang pada wadah yang telah disiapkan.


4# Obat Penjernih Air Dengan TCCA Chlorine 90% Tablet


TCCA Chlorine adalah jenis obat yang digunakan untuk menjaga agar konsentrasi chlorine dalam air tetap stabil, hal ini akan berpengaruh terhadap air sehingga akan lebih bersih dan bening. 

TCCA Chlorine 90% Tablet biasanya digunakan untuk keperluan penjernihan air pada kolam renang, PH yang seimbang pada air kolam renang di suu 250C adalah berada pada angka 7,00 – 7,60.

5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


Dimana PH yang rendah akan mengakibatkan air yang bersifat terlalu asam sehingga hal ini dapat menyebabkan karat pada bahan logam yang berada pada kolam renang. 

Selain itu juga dapat mengikis dan memberikan noda pada keramik, dinding kolam, dan lantai kolam, sedangkan PH yang tinggi akan menjadi terlalu basa sehingga dapat mengakibatkan suburnya pertumbuhan mikroorganisme seperti alga/ganggang/lumut sehingga menyebabkan kolam renang menjadi keruh dan kehijauan karena lumut. 

TCCA Chlorine juga dapat digunakan untuk penjernihan air dari sumber air lainnya seperti air sumur, air sungai, dan juga air kran.

5# Obat Penjernih Air Dengan TRUSSI


Trussi adalah jenis obat yang digunakan untuk penjernihan air. Trussi (Copper Sulphate) ini lebih khusus untuk menghilangkan kotoran seperti lumut pada kolam. 

Trussi juga dapat membuat air menjadi lebih jernih. Trussi juga salah satu obat yang banyak digunakan dalam penjernihan kolam renang, Trussi juga dapat digunakan untuk penjernihan air dari sumber air lainnya seperti air sumur, air sungai, dan juga air kran.

5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan


Cara yang dapat anda lakukan dalam penggunaan Trussi :


  • Cukup siapkan Trussi secukupnya, sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak memberikan trussi pada air anda.
  • Siapkan wadah dan masukkan Trussi pada air, air yang disiapkan jangan terlalu banyak. Secukupnya.
  • Anda dapat memasukkan cairan Trussi pada kolam renang atau tempat lain yang menjadi wadah bagi anda.

Itulah Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan, Obat-obat tersebut dapat anda temukan di toko-toko kimia atau juga dapat anda temukan di toko bangunan. 

Aman atau tidaknya harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda, perlu anda ketahui jika obat pasti mengandung bahan kimia.

Oleh karena itu kami sarankan juga anda dapat menggunakan alat penyaring atau penjernih air untuk metode yang juga dapat anda gunakan dalam proses penyaringan atau penjernihan air untuk kebutuhan sehari-hari anda. 

Metode lainnya anda juga dapat membuat alat penyaring atau penjernih air dengan cara yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari.

Posting Komentar untuk "5 Daftar Obat Penjernih Air Yang Aman di Gunakan"