Reva Pedia

Blog Informasi Terpercaya Daftar Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Senin, 21 Mei 2018

2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana

loading...
2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana - Air merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan manusia. Manusia begitu bergantung terhadap air, baik itu untuk minum, memasak, dan mencuci. Saat ini meskipun sebagian masyarakat memakai air keran untuk minum dan memasak, akan tetapi juga masih banyak pengguna air sumur atau sungai yang terkadang tercemar sehingga tidak dapat di konsumsi. Kondisi air tidak sama, terkadang sumber air menjadi perbedaan atas kualitas air.

2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana


Terkadang air dalam kondisi keruh, kotor, kuning, dan tercampur zat-zat yang berbahaya. Tentunya jenis air ini tidak dapat di konsumsi. Oleh karena itu salah satu cara untuk menjernihkan air adalah dengan membuat saringan air. Penggunaan filter air diyakini mampu mencegah kandungan air agar tidak tercemar zat-zat yang telah terkontiminasi zat-zat yang berbahaya.

Air yang terkontiminasi dapat diatasi dengan penggunaan filter air atau anda dapat membuat penyaring atau penjernih air dengan cara yang sederhana. Perlu diperhatikan, bahwa air bersih yang di hasilkan dari proses penyaringan/penjernihan air dengan cara sederhana ini tidak dapat menghilangkan sepenuhnya bagi air yang asin.

Penyaringan ini hanya ditujukan agar membuat air lebih bersih dan jernih. Pada penyaringan sederhana ini dapat menggunakan kerikil, sabut kelapa, ijuk, dan arang. Cara membuat penjernih air sederhana ini adalah cara untuk mendapatkan air yang bersih secara sederhana dan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita. Berikut adalah Cara Membuat Penjernih Air Sederhana

1# Penjernih Air Dengan Botol Sederhana

Botol adalah salah satu bahan yang dapat anda gunakan dalam penyaringan air sehingga anda akan mendapatkan air yang lebih bersih. Bahannya juga mudah ditemukan, dan berikut cara membuat penjernih air dengan botol bekas.

2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana


Bahan-bahan yang perlu anda siapkan diantaranya:

  • Siapkan botol bekas air mineral berukuran 1,5 liter
  • Kain kasa
  • Pasir
  • Kerikil
  • Kain biasa
  • Arang, gunakan arang yang aktif dari tempurung kelapa
  • Dan wadah untuk menampung air bersih

Cara membuat penjernih air menggunakan botol sederhana :

  1. Persiapkan botol bekas air mineral menjadi 2 bagian dengan perbandingan 1/3 bagian bawah botol dan 2/3 bagian atas botol
  2. Setelah itu, ambil bagian atas botol untuk aliran air lalu lubangi tutup botol tersebut sekitar 1,2 cm. anda dapat melubanginya dengan paku atau alat lainnya.
  3. Posisikan botol dengan arah yang terbalik/ kebawah menyesuaikan dengan tutupnya kemudian masukkan bahan-bahan yang digunakan seperti pasir, kerikil, dan ijuk.
  4. Masukkan potongan-potongan kain kasa ke dalam botol sehingga menempel pada bawah botol yaitu pada tutup botol yang telah dilubangi
  5. Pada bagian atasnya anda dapat lapisi dengan arang secukupnya, hal ini berguna sebagai penyaring kotoran-kotoran yang ada pada air.
  6. Masukkan kerikil di atas pasir. Kerikil dapat menjadi penyaring air pertama kali.
  7. Terakhir tutup bagian atas botol

Penyaringan air sederhana ini sudah bisa anda gunaka untuk proses penjernihan air. Lalu siapkan wadah untuk tempat hasil penyaringan air. Cara tersebut adalah cara yang sederhana jika anda ingin mencoba untuk menjernihkan air tanpa menggunakan alat filter air.

Perlu diingat jika cara tersebut tidak semata-mata akan membuat kualitas air anda sangat baik, jika anda ingin mengetahui kualitas air, anda dapat menggunakan alat uji kualitas air. Selain itu kita juga harus mengatur dan menghitung debit air yang masuk ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan.

Hal ini bertujuan untuk agar air dari wadah debitnya tidak lebih besar dari debit air yang keluar dari wadah penyaringan. Hal ini karena air yang keluar dari wadah penyaringan pasti lebih kecil debitnya dibandingkan air yang keluar dari wadah pengendapan karena harus melewati bahan-bahan yang menjadi saringan di dalamnya.

2# Penjernih Air Dengan Bak Penyaringan


2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana


Jika anda ingin menyaring air dengan volume yang lebih banyak, cara sederhana lainnya anda dapat menyaring air menggunakan bak penyaringan. Pembuatannya mudah dengan metode saringan menggunakan botol.

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan diantaranya:

  • Batu kali
  • Pasir halus
  • Ijuk
  • Arang aktif dari tempurung kelapa
  • Batu
  • Kerikil
  • Tempat penyaringan misalnya tong besar

Cara dengan menggunakan bak penyaringan hampir sama dengan cara menggunakan botol. Perlu anda ketahui jika air yang akan disaring tidak akan langsung jernih, dalam hal ini air yang dihasilkan dari penyaringan awalnya tidak terlalu jernih, namun lama kelamaan air yang akan dihasilkan dari proses penyaringan ini akan menjadi jernih.

Untuk itu anda juga harus mengatur aliran air. Selain itu kita juga harus mengatur dan menghitung debit air yang masuk ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk agar air dari wadah debitnya tidak lebih besar dari debit air yang keluar dari wadah penyaringan.

Hal ini karena air yang keluar dari wadah penyaringan pasti lebih kecil debitnya dibandingkan air yang keluar dari wadah pengendapan karena harus melewati bahan-bahan yang menjadi saringan di dalamnya.

Hasil penyaringan atau penjernihan air dapat anda lihat, dimana air yang semulanya keruh, kotor, dan berwarna kuning menjadi lebih jernih. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan seperti batu kerikil, sabut kelapa, arang, ijuk, dan spons.

Adapun batu-batu kerikil dan sabut kelapa adalah bahan yang efektif dalam proses penyaringan/penjernihan air. Bahan-bahan tersebut efektif untuk menyaring kotoran dalam air, seperti daun-daun, lumut, kotoran-kotoran, ganggang, dan lain-lain.

Sementara arang, ijuk, dan spons berfungsi untuk menyaring atau menghilangkan bau pada air, warna air, zat pencemar dalam air, dan sebagai pelindung dan penukaran resin dalam alat atau penyulingan air. Perlu anda ketahui jika air yang di gunakan adalah air yang asin, proses penjernihan air ini tidak membuat air anda tidak lagi berasa asin. Karena cara sederhana ini hanya untuk menghilangkan kotoran-kotoran dalam air bukan untuk menghilangkan rasa pada air.

Cara-cara sederhana untuk menjernihkan air bersih dapat anda lakukan dengan berbagai macamnya, melalui proses pembuatan alat penyaringan atau penjernihan air. Ada beberapa cara menyaring atau menjernihkan air. Salah satunya, dapat dilakukan dengan metode filtrasi dengan benda-benda seperti kerikil, sabut kelapa, arang, ijuk, dan spons, yang dapat digunakan untuk menyaring kotoran pada air tanah/sumur yang menadikan air lebih bersih.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Penjernih Air Sederhana, cara tersebut menjadi cara yang efisien yang dapat anda lakukan dalam proses penyaringan atau penjernihan air di rumah anda. Semoga bermanfaat.
Author Profile

About Revapedia

Merupakan Blog Sumber reverensi terpercaya untuk membahas peralatan atau produk rumah tangga moderen yang ingin anda beli

0 Komentar 2 Cara Mudah Membuat Penjernih Air Sederhana

Posting Komentar

Back To Top