Reva Pedia

Blog Informasi Terpercaya Daftar Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Selasa, 22 Mei 2018

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah - Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Di perkotaan air masih mudah untuk mendapati air yang bersih dan jernih, terdapat perusahaan-perusahaan air yang menyediakan air bagi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi di era pemukiman yang kian hari kian padat di area perkotaan membuat air juga sering berwarna kuning dan bau.

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah


Lalu bagaimana untuk wilayah yang belum terjamah oleh perusahaan air, umumnya di daerah pedesaan masih mengandalkan air kali yang bersumber dari gunung dan juga sumber air dari sumur. Dapat kita ketahui kondisi air di sumur cenderung bermasalah. Jika kita perhatikan air sumur tidak terlalu bersih seperti air PAM misalnya, tidak keruh, dan tidak menguning. Dengan begitu jelas jika air sumur bukanlah jenis air yang layak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, air sumur dapat kita buat penjernihan agar air terlihat lebih bersih dan layak untuk dikonsumsi, berikut cara menjernihkan air sumur yang kuning dengan mudah.

1# Menguras Sumur

Air yang keruh dan kuning dapat disebabkan oleh lumut yang tumbuh di dinding sumur. Dan dapat dikatakan jika dasar sumur juga telah tercemar bahan-bahan berbahaya yang membuat warna kuning pada air sumur anda. Anda bisa mengeluarkan air dalam sumur terus-menerus hingga air yang keruh dan kotoran lainnya dapat ikut terbuang.

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah


2# Menggunakan Tawas

Tawas atau biasa disebut dengan terawas, berbentuk seperti bongkahan bebatuan kecil berwarna putih, hamper mirip seperti bongkahan gula batu namun berwarna putih. Tawas dapat anda beli di toko kimia dan toko bangunan.

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah


Cara menjernihkan air sumur menggunakan tawas adalah dengan cara menghancurkan tawas sampai berbentuk seperti bubuk, usahakan anda menghancurkannya sampai halus. Jika sudah masukkan tawas ke dalam wadah yang telah anda siapkan lalu larutkan dengan air. Setelah itu terlebih dahulu anda mengaduknya dan memasukkan ke dalam sumur,

Sesuaikan jumlah tawas yang anda masukkan dengan kedalaman sumur anda, jika anda belum melihat perubahan pada air sumur, anda dapat menambahkannya lagi. Cobalah untuk membeli 1 kg terlebih dahulu, jika belum jernih anda dapat menambahkan ½ kg – 1 kg lagi.

Usahakan untuk memasukkan bubuk tawas ini saat sore/malam hari dimana aktivitas mengambil air dalam sumur sudah tidak dilakukan sehingga anda akan melihat perubahannya di pagi hari, dan anda akan melihat perubahan pada air sumur anda.

3# Menggunakan Ijuk

Ijuk dapat kita kenal sebagai bahan baku untuk membuat sapu, ternyata ijuk juga mampu untuk menjernihkan air. Ijuk merupakan serat pepohonan yang dikenal sebagai bahan baku untuk membuat sapu.

Cara menjernihkan air dengan ijuk adalah dengan menggunakan ijuk yang berbentuk lingkaran, lalu ambil 5 rangkaian ijuk lalu tumpuk dan jalin kelima rangkaian ijuk dengan tali yang dilengkapi dengan pemberat, masukkan rangkaian ijuk ke dalam sumur, agar ijuk tidak mengapung keatas sebaiknya tindih dengan benda yang berat.

Proses menjernihkan air dengan ijuk anda harus menunggu beberapa hari untuk melihat kejernihan sumur anda, karena ijuk tidak menghasilkan proses yang instan langsung membuat air sumur anda jernih seketika.

4# Menggunakan Arang Tempurung Kelapa

Arang kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang efektif mengikat kotoran, hal ini dapat dimanfaatkan agar air sumur menjadi jernih. Cara menggunakan arang tempurung kelapa untuk menjernihkan air sumur adalah dengan menbungkus arang tersebut menggunakan kain, setelah itu anda dapat memasukannya ke dalam sumur.

Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah


Hal ini sama halnya seperti menggunakan tawas, untuk arang tempurung kelapa ini juga banyak ditemui di jalan, di pasar, di toko, maupun warung-warung terdekat. Anda dapat menyesuaikan jumlah arang tempurung kelapa yang akan anda gunakan untuk penjernihan air sumur anda. Jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.


5# Membuat Filter Air Sederhana

Cara selanjutnya anda dapat membuat filter air, ini mudah untuk anda lakukan karena menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat anda temukan disekitar anda. Anda juga tidak perlu membeli alat penjernih air yang mahal, cukup anda buat sendiri.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • Botol air mineral
  • Gunting atau pisau
  • Kapas
  • Arang kelapa atau pasir
  • Kerikil kecil
  • Kerikil besar

Langkah-langkah untuk membuat filter air sederhana sebagai berikut:

  • Gunakan botol dari air mineral bekas yang berukuran 600ml atau 1,5 liter, lalu gunting bagian bawah botol.
  • Lubangi botol bekas tersebut dengan pisau atau paku.
  • Masukkan kain atau kapas ke dalam botol sampai menyentuh botolnya.
  • Isikan dengan pasir atau arang kelapa yang sebelumnya harus anda hancurkan terlebih dahulu.
  • Tambahkan kerikil kecil di dalam botol.
  • Tambahkan lagi kerikil yang berukuran besar ke dalam botol.
  • Coba tuangkan air yang keruh dan kotor ke dalam botol.
  • Letakkan gelas kosong di bawah tutup botol, maka akan terlihat air yang keruh tersebut akan disaring menjadi air yang jernih.

Hal ini sebagai contoh sederhana sebagai pengetahuan anda dengan bahan-bahan yang sederhana, selanjutnya anda dapat membuatnya dengan ukuran yang lebih besar. Misalnya dengan galon air, dan wadah lainnya.

Air sumur yang keruh merupakan masalah yang banyak ditemui, air yang keruh dan kuning disebabkan karena galian sumur yang tidak terlalu dalam, alasan geologis atau struktur tanah yang kurang baik, hujan deras yang terjadi secara terus menerus yang menyebabkan tanah di sekitar sumur menjadi berlumpur dan berefek terhadap air sumur. Juga kebocoran pipa gas juga dapat memicu akibat penggalian sumur.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai cara menjernihkan air sumur yang kuning, lalu bagaimana kriteria sumur yang baik? Berikut penjelasannya:

  • Sumur dalam kondisi baik jika sumur yang dibuat dengan kedalaman lebih dari 10 meter.
  • Jarak antara sumur dan toilet minimal adalah 10 meter. Hal ini mencegah apabila nanti akan terdapat pencemaran air akibat limbah kamar amndi yang merembes.
  • Kriteria sumur yang baik adalah sumur yang tidak digali di bekas lahan tempat pembuangan sampah, walaupun tanah tersebut sudah dibersihkan akan tetapi tetap saja akan meninggalkan banyak kuman yang membahayakan, maka air di dalam sumur tidak layak untuk digunakan.
  • Kriteria sumur yang baik lainnya adalah hindari membuat sumur pada lahan bekas rawa-rawa. Lebih baik cari tanah yang bekas tumbuhan, karena tumbuhan mempunyai kandungan air yang tinggi di dalamnya.

Penjernihan air adalah proses yang dilakukan untuk membuat air sumur layak untuk digunakan. Dengan berbagai cara diatas, anda tidak perlu khawatir untuk mengatasi masalah air sumur yang kotor, keruh, dan kuning. Anda dapat menggunakan cara-cara yang telah kami sampaikan sesuai kebutuhan anda. Dan tetap jaga kebersihan sumur anda untuk terciptanya air yang jernih dan bersih.

Author Profile

About Revapedia

Merupakan Blog Sumber reverensi terpercaya untuk membahas peralatan atau produk rumah tangga moderen yang ingin anda beli

0 Komentar Cara Menjernihkan Air Sumur yang Kuning dengan Mudah

Posting Komentar

Back To Top