Reva Pedia

Blog Informasi Terpercaya Daftar Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Senin, 21 Mei 2018

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat - Saat ini masalah air yang kotor, kuning, keruh, dan hitam banyak terjadi di lingkungan sekitar. Baik itu wilayah kota maupun pedesaan, bahkan wilayah DKI Jakarta saja yang menjadi ibu kota juga terkena dampak air yang keruh dan kotor. Hal ini disebabkan oleh tercemarnya air dengan air yang kotor, kondisi sumur yang keruh, dan sungai yang tercemar oleh bahan-bahan berbahaya dan beracun.

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat


Kondisi air kotor ini sangat membahayakan bagi masyarakat, terutama masyarakat yang sehari-harinya menggunakan air sungai, sumur, maupun kali. Tahukah anda, jika kondisi air yang kotor dapat menimbulkan penyakit bahkan kematian.

Dalam hal ini, kotor yang kami maksud bukan sekedar secara fisik air, seperti air yang keruh dan berwarna, akan tetapi air yang tercampur dengan bahan kimia yang terkadang tidak disadari oleh masyarakat, air tersebut telah terkontiminasi oleh zat-zat yang berbahaya bagi tubuh yang dapat menimbulkan kematian.

Menanggapi kebutuhan akan air bersih di daerah pedesaan dan pinggiran kota untuk air minum, memasak, dan mencuci. Cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar limbah rumah tangga maupun limbah industri.

Akan tetapi jangan khawatir, ada cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjernihkan air dengan cara yang sangat sederhana, bahkan tidak memerlukan alat. Ini bisa mudah anda lakukan. Berikut Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat

1# Menggunakan Biji Kelor

Tanaman kelor memiliki nama ilmiah Moringa Oleifera. Ini termasuk tanaman yang serba guna, karena seluruh bagiannya dapat di manfaatkan. Bagian dari tanaman ini yang dapat digunakan untuk menjernihkan air adalah biji dari daun kelor.

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat


Biji Kelor dapat menjernihkan air karena di dalam biji kelor terdapat kandungan protein bermuatan positif yang berperan sebagai polielektrolit kationik dan penting sebagai agen penjernihan air. Proses penjernihan air oleh protein yang terdapat pada biji kelor berlangsung dengan prinsip penggumpalan.

Salah satu proses penjernihan air adalah mencampurkan serbuk biji kelor dengan air yang akan dijernihkan lalu kemudian diaduk. Pada proses ini, protein yang terlarut memiliki muatan positif sedangkan air yang dijernihkan memiliki muatan negative.

Perbedaan muatan tersebut menyebabkan teradinya gaya tarik-menarik antar partikel, sehingga terbentuk gumpalan halus yang merupakan endapan dari partikel-partikel yang terdapat pada air yang keruh pada air yang akan dijernihkan.
Air yang dijernihkan menggunakan biji daun kelor ini aman bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian, biji kelor dapat mengurangi sakit perut dan juga mengurangi kandungan bakteri-bakteri yang ada pada air. Hal yang perlu anda perhatikan untuk penjernihan menggunakan biji daun kelor ini adalah waktu penyimpanan air yang dijernihkan tidak boleh lebih dari 24 jam.

Oleh karena itu, sebaiknya penjernihan air dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, penjernihan air dengan cara ini tidak dapat dilakukan pada air yang sudah tercemar logam dan bahan-bahan beracun lainnya.

2# Menggunakan Drum / Bak Penyaringan

Penggunaan drum/bak penyaringan juga termasuk salah satu Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana, ini bisa anda lakukan dengan cara mempersiapkan 2 drum/bak penyaringan saja  yang berfungsi sebagai Drum Pengendapan dan Drum Penyaringan.

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat


Drum Pengendapan berisi air yang akan dijernihkan dengan beberapa bahan kimia, seperti tawas, bubuk kapur, dan kaporit yang sudah teraduk sehingga akan menimbulkan pengendapan. Lalu Drum Pengendapan tersebut dialirkan ke Drum penyaringan yang berisi bahan penyaring dari lingkungan sekitar. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengubah air kotor menjadi air bersih.

3# Menggunakan Tawas

Salah satu cara yang paling mudah dalam menjernihkan air yaitu dengan menggunakan Tawas. Menurut Wikipedia Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa Kristal dan bersifat isomorph. Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada enis logam dan suhu.

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat


Jika anda lihat tawas memiliki tekstur seperti gula pasir putih, di pasar kebanyakan orang menjajakan tawas dalam bentuk pasir tapi terkadang ada juga yang masih bongkahan. Dengan warna tawas yang putih ini saat bercampur dengan air, tawas tidak akan berubah warna. Tawas juga dapat ditemukan di toko-toko kimia.

Kekeruhan air bisa dihilangkan dengan penambahan bahan kimia yang termasuk dalam kategori koagulan, tawas termasuk bahan kimia yang mengandung koagulan yang terbukti sangat efektif untuk mengendapkan partikel yang melayang dalam air baik itu dalam bentuk koloid ataupun suspense.
Berikut kami rangkumkan bagaimana cara menjernihkan air menggunakan tawas.

  • Cukup siapkan 5-8 sendok makan untuk 1.000 liter air yang keruh dan sedikit berlumpur.
  • Berikan dosis yang lebih besar dan banyak jika air masih tidak juga jernih-jernih. Asalkan jangan semuanya anda campurkan.

Jika anda menggunakan tawas yang berbentuk bongkahan, sebaiknya anda hancurkan dulu sampai benar-benar ancur dan lembut, lalu aduk-aduk terus dan pastikan jika tawas sudah larut dalam air.
Jika sudah dicampurkan, diamkan sekitar 6 jam, karena tawas perlu waktu untuk mengikat kotoran dalam air sumur, lebih bagusnya lagi jika anda memasukkan tawas saat sore/malam hari sehingga keesokan paginya air sudah dapat anda gunakan dengan kondisi air yang jernih.

Hal yang perlu anda perhatikan:

  • Jika anda menggunakan air sumur, atau sumber air lainnya yang air itu asin, tawas tidak mengubah rasa air tersebut sehingga menjadi tawar, tawas hanya menjernihkan saja dan bukan mengubah rasa pada air.
  • Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa takaran tersebut hanyalah contoh, anda bisa mengira-ngira berapa jumlah takaran sesuai dengan tingkat keruhnya air.

4# Menggunakan Kapur Gamping

Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat


Cara terakhir untuk menjernihkan air dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan kapur gamping. Bahan ini mudah ditemukan di toko-toko bangunan. Sebenarnya kapur gamping ini digunakan untuk campuran bangunan, dan telah ditemukan bahwa kapur gamping ini juga dapat digunakan untuk menjernihkan air yang keruh.

Cara untuk menjernikan air dengan menggunakan kapur gamping ini yaitu:

  • Isi wadah air dengan 2 liter air atau secukupnya yang anda inginkan kemudian masukkan kapur gamping ke dalam air, lalu aduk sampai rata.
  • Jika anda menggunakan air sumur, anda bisa campurkan kapur gamping ke dalam ember, tidak usah yang berukuran besar. Lalu aduk sampai kapur gamping larut dengan air, masukkan ember yang berisi air larutan kapur gamping itu kedalam sumur. Lebih baiknya lakukan hal ini pada malam hari agar keesokan paginya air dapat bereaksi dan anda dapat melihat hasilnya.

Seperti tawas, kapur gamping juga efektif dalam menjernihkan air yang keruh, akan tetapi perlu diingat bahwa penggunaan kapur gamping tidak akan bereaksi jika air telah tercemar limbah industri maupun limbah rumah tangga.

Itulah, Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat, pastinya tips tadi tidak membuat anda kesulitan dan pastinya efektif untuk menjernihkan air yang keruh.

Author Profile

About Revapedia

Merupakan Blog Sumber reverensi terpercaya untuk membahas peralatan atau produk rumah tangga moderen yang ingin anda beli

0 Komentar Cara Menjernihkan Air Dengan Cara Sederhana Tanpa Alat

Posting Komentar

Back To Top