Reva Pedia

Blog Informasi Terpercaya Daftar Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Senin, 28 Mei 2018

Syarat Air Minum Yang Aman di Konsumsi Untuk Keluarga

loading...
Syarat Air Minum Yang Aman di Konsumsi Untuk Keluarga - Air adalah kebutuhan manusia yang amat penting, air adalah unsur yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Syarat Air Minum Yang Aman di Konsumsi Untuk Keluarga


Ironisnya di Indonesia akses air minum aman di menurut Badan Pusat Statistik atau BPS pada akhir tahun 2013 baru mencapai persentase 67,73% saja. Hal ini penting untuk diingat bahwa air minum yang anda konsumsi harus terjamin kebersihannya dan bebas dari bakteri.

Air adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk kebutuhan minum. Air yang bersih merupakan air yang yang harus bebas dari mikroorganisme, bakteri, dan bahan-bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan anda.

Air merupakan zat kehidupan, dimana setiap makhluk hidup di muka bumi ini sangat membutuhkan air. Manusia tidak akan bertahan hidup jika tidak minum karena sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia terdiri dari 90% air. Air merupakan zat gizi yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Selain itu, dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Fungsi air bagi tubuh diantaranya:


  • Melancarkan proses pencernaan
  • Membentuk sel-sel dalam tubuh
  • Sebagai pelarut mineral, vitamin, asam amino, glukosa, agar mudah diserap oleh tubuh
  • Membawa oksigen ke dalam tubuh
  • Mengatur suhu tubuh
  • Mencegah dari gejala dehidrasi
  • Meningkatkan metabolisme sel-sel tubuh
  • Mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh
  • Memproduksi cairan tubuh seperti ludah, enzim, cairan lambung, otot dan lainnya
  • Meningkatkan aktivitas kimia dalam tubuh


Mengingat fungsi air yang sangat penting bagi tubuh manusia. Untuk itu anda harus dapat menjaga kualitas air yang anda dan keluarga konsumsi, jangan sampai air yang anda konsumsi mengandung bahan atau partikel-partikel yang berbahaya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor  492/Menkes/PER/IV/2010  standar air minum di Indonesia yaitu:

1# Memenuhi persyaratan fisik


  • Tidak berwarna atau jernih
  • Tidak berbau
  • Rasa alami


2# Parameter Biologis

  • Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform


3# Parameter Kimia

TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.

Salah satu faktor yang sangat penting dan menentukan air yang layak di konsumsi adalah kandungan TDS (Total Dissolved Solids) atau kandungan unsur mineral dalam air. Contoh unsur mineral dalam air adalah: zat kapur, besi, magnesium, timah, chloride, chlorine.

Air yang mengandung mineral tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan. Mineral dalam air tidak hilang dengan cara direbus. Mineral yang baik bagi tubuh manusia adalah mineral organik yang berasal dari sayur, buah, daging, telur, dan susu. Mineral dalam air disebut mineral nonorganik atau mineral dari benda mati yang tidak bisa diuraikan oleh tubuh.

Bila terlalu banyak mineral nonorganik di dalam tubuh dan tidak dikeluarkan, maka dapat mengendap di dalam tubuh yang berakibatnya tersumbatnya bagian tubuh. Misalnya bila mengendap pada ginjal atau empedu dapat mengakibatkan batu ginjal atau batu empedu. Tentu akan sangat membahayakan. Selain itu juga dapat menyebabkan darah tinggi.

Menurut standar WHO, pada dasarnya kategori air menurut TDS terbagi menjadi 4 yakni:
Lebih dari 100 ppm : bukan air minum
1-100 ppm : air minum
0 ppm : air organik


  • pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5
  • bebas zat kimia beracun
  • tidak mengandung logam berat
  • tidak mengandung pestisida
  • tidak mengandung bahan radioaktif


Jadi, air yang layak di minum intinya adalah harus:

1# Jernih

Air yang jernih adalah air yang tidak keruh, kekeruhan pada air biasanya disebabkan oleh partikel-partikel yang mengendap di air. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Jika anda mengkonsumsi air yang sebelumnya tidak melewati proses penyaringan, biasanya air akan keruh. Maka itu anda dapat mengonsumsi air galon yang aman dikonsumsi bagi anda dan keluarga anda.

2# Tidak berwarna

Air yang berwarna berarti mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan, misalnya pada air sumur.

3# Tidak berbau

Air yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi pastinya adalah air yang tidak berbau, air yang bersih memiliki ciri yang tidak berbau apabila dicium dari jauh maupun dari dekat. Air yang berbau biasanya mengandung bahan-bahan organik yang diuraikan oleh mikroorganisme air.

4# Rasanya Tawar

Air yang terasa asam, manis, pahit, atau asin menunjukan bahwa kualitas air tersebut tidak baik. Rasa asin disebabkan oleh garam-garam tertentu yang larut dalam air. Biasanya air ini terdapat pada air sungai. Oleh sebab itu air sungai tidak layak dikonsumsi untuk minum karena rasanya yang asin dan telah tercemar.

5# Tidak mengandung bakteri

Air yang memiliki syarat untuk dikonsumsi adalah air yang tidak mengandung bakteri. Bakteri ini memang tidak dapat dilihat secara kasat mata dan untuk mengetahui adanya bakteri dalam air minum memang harus diteliti terlebih dahulu di laboratorium. Secara mikrobiologi air minum tidak boleh mengandung bakteri karena akan berpotensi membawa penyakit.

6# Tidak mengandung campuran yang bisa merusak organ tubuh

Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak mengandung bahan campuran seperti bahan-bahan kimia yang dapat merusak tubuh. Untuk itu anda harus jeli melihat kandungan air yang anda dan keluarga konsumsi. Karena air yang terlihat jernih belum tentu aman, sekarang ini anda harus waspada karena beberapa air. Yang mengandung bahan campuran seperti bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Dengan melihat syarat di atas anda sudah mengetahui syarat air minum yang layak untuk dikonsumsi untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga tercinta. Kesehatan tubuh juga bergantung pada air yang kita konsumsi mengingat sebagian dari tubuh kita adalah air yang melancarkan proses kerja tubuh. Saat ini juga terdapat teknologi yang dapat membuat air melewati proses penyaringan sehingga akan aman untuk dikonsumsi.

Demikian pembahasan mengenai Syarat Air Minum Yang Aman di Konsumsi Untuk Keluarga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan maka anda harus cermat dalam memperhatikan air minum yang anda dan keluarga konsumsi.

Air yang anda dan keluarga konsumsi harus jernih, tidak keruh dan tidak berbau, tidak mengandung bakteri, dan campuran bahan kimia yang dapat merusak organ tubuh. Minumlah air putih sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Untuk menjaga kestabilan tubuh anda. Kebutuhan air tidak sama, karena ada beberapa penyakit yang tidak disarankan untuk banyak minum, misalnya penyakit ginjal karena akan memperberat kerja ginjal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
Author Profile

About Revapedia

Merupakan Blog Sumber reverensi terpercaya untuk membahas peralatan atau produk rumah tangga moderen yang ingin anda beli

0 Komentar Syarat Air Minum Yang Aman di Konsumsi Untuk Keluarga

Posting Komentar

Back To Top