Reva Pedia

Blog Informasi Terpercaya Daftar Harga Kebutuhan Rumah Tangga

Senin, 28 Mei 2018

3 Cara Mudah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah

loading...
3 Cara Mudah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah - Kenapa AC tidak dingin? Padahal dalam kondisi yang nyala, AC dirumah mati hidup lalu apa penyebabnya? Pada beberapa kasus yang telah terjadi. AC bekerja dengan normal. Namun lama kelamaan banyak keluhan jika AC tidak terasa dingin, hanya hembusan angina yang berasal dari blower (indoor).

3 Cara Mudah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah


Setidaknya, ada 3 faktor utama yang menyebabkan AC tidak berfungsi secara maksimal, sehingga tidak mampu membuat ruangan menjadi segar dan dingin. Ketiga factor tersebut adalah tegangan listrik yang tidak dalam keadaan yang stabil, Freon yang minta ditambah atau diganti, atau ac dalam keadaan kotor dan berdebu.

Pembahasan kali ini kami akan menyampaikan Bagaimana Mengatasi AC yang Tidak Dingin, Ada banyak faktor yang mengakibatkan AC Rusak, namun pada pembahasan ini kami akan menyampaikan kenapa AC tidak dingin yang biasa dikeluhkan oleh masyarakat.


Berikut Langkah-Langkah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah


1# AC Dalam Kondisi Yang Kotor

Anda dapat mengeceknya apakah AC anda dalam kondisi yang sangat kotor, baik evaporator indoor maupun kondensor outdoor. Apakah terdapat cukup banyak ebu di sekitar komponen-komponen AC anda? Kalau memang kotor sebaiknya anda menservice atau mencuci AC anda, jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, anda dapat memanggil teknisi AC yang professional atau teknisi AC langganan anda untuk mengatasi masalah AC yang kotor ini. Jika anda ingin membersihkannya sendiri berikut tips untuk anda dalam membersihkan AC yang kotor:

Tips Penting:

Anda bisa membersihkan sendiri filter indoor minimal seminggu sekali. Dengan cara membuka tutup indoor bagian atas, kemudian ambil filter udara tersebut, lalu cuci yang bersih menggunakan sabun deterjen. Jika sudah, keringkan kemudian pasang kembali. Untuk service perawatan AC minimal 3 bulan sekali. Untuk AC di perumahan, dan 2 bulan sekali untuk AC di perkantoran.

2# Kurang Tekanan Freon

Jika ternyata AC bersih tetapi tidak dingin, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah cek tekanan gas Freon. Anda dapat memasang manifold anda pada nepel untuk mengisi Freon pada unit outdoor. Lihat apakah masih ada tekanan atau habis. Jika masih ada tekanan, kemungkinan hanya kurang Freon saja.

Dan ini bisa dibilang wajar. Penyebabnya bisa dari bocor halus yang mungkin susah untuk di cari kebocorannya, juga bisa dari nepel yang kendor. Solusinya anda dapat mengencangkan semua baut epel, kemudian tambah tekanan Freon dengan jenis Freon yang sama pada AC tersebut. Tentunya harus sesuai dengan batas maksimal ampere dari mesin kompresor AC tersebut.

Kalau jarum pada manifold menunjukkan pada angka NOL, berarti tekanan Freon habis. Ini disebabkan karena adanya kebooran, hal ini bisa terjadi pada evaporator indoor, atau nepel yang ada pada outdoor.

Tips Penting:

Isi ulang Freon sampai full, biasanya 80 – 90 PSI, dan 125 PSI untuk AC Inverter. Kemudian buka body indoor dan outdoor, jangan lupa buka juga amarflex pembungkus pipa AC. Ambil spon yang diberi sabun agar ada busa.

Kemudian oleskan busa ke seluruh pipa tembaga dan juga kondensor maupun outdoor. Lihat dan perhatikan baik-baik apakah terjadi gelembung udara ataupun terdapat oli baik di pipa, evaporator, atau kondensor. Jika terdapat gelembung udara atau oli berarti disitu titik kebocoran Freon tersebut.

3# Indoor AC Hidup, Tetapi Outdoor Mati

Biasanya ini adalah kasus-kasus yang sering terjadi, langkah-langkah untuk mengatasi AC tidak dingin seperti ini adalah:


  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan pastikan mode pada remote dalam posisi tanda bintang (*) atau cool. Jangan pada mode dry, karena pada mode ini hanya untuk menyalakan motor FAN saja dan unit outdoor tidak mendapat kiriman arus listrik, sedangkan kalau pada mode bintang (*) atau cool yaitu untuk menyalakan kipas FAN dan juga kompreso
  • Langkah kedua cek Thermistor AC pada unit Indoor settingan mode pada remote control sudah betul, namun outdoor tidak juga hidup. Sekarang coba anda cek pada Thermistor AC, apakah berfungsi dengan baik. Alat ini berfungsi sebagai otomatis supaya kompresor bisa stand by setelah suhu ruangan mencapai suhu sesuai dengan yang kita atur pada remote.
  • Langkah ketiga cek kapasitor AC pada unit Outdoor masalah seperti ini biasanya ditandai dengan outdoor hidup, namun hanya kipasnya saja yang berputar. Biasanya ini terjadi kerusakan pada kapasitornya, dengan di tandai terdapat benjolan pada kapasitor bagian atas.
  • Langkah keempat ampere kompresor melebihi batas maximum tandanya hamper sama dengan kerusakan yang terjadi pada kapasitor, jika anda sudah cek kapasitor bagus, atau mengganti dengan ukuran yang lebih besar, namun mesin tetap menangkat atau bisa nyala tanpa suara anda dapat cek ampere dengan menggunakan Clamp Meter ( Tang Ampere)


Kemungkinan yang biasanya memang ada kebocoran di Evaporator Indoor, kebocoran atau kerusakan kompresor outdoor, kebocoran pipa Freon, MCB AC yang jebol, dan sebagainya. Hal-hal ini bisa menyebabkan AC kurang dingin atau tidak dingin sama sekali.

3 Cara Mudah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah


Service besar dapat dilakukan 2 tahun sekali selama service AC rutin 3 bulan sekali dilakukan. Service besar adalah mencopot komponen-komponen AC indoor dari tempatnya dan benar-benar membersihkan memakai obat khusus seperti AC Indoor dari tempatnya dan membersihkan memakai obat khusus seperti AC Coil atau Asse Flash sehingga AC akan benar-benar seperti baru lagi.

Yang tidak bisa kembali hanya bila warna indoor sudah kuning, sudah jeas tidak akan bisa kembali putih lagi, namun komponen Evaporator indoor akan jadi kembali ke warna semula seperti waktu pertama kali membeli AC. Proses pengerjaannya juga lama bisa 3-4 jam untuk 1 unit AC karena indoor AC akan dicopot dari tembok, dilepaskan komponen-komponen ACnya lalu terakhir dibersihkan.

Bisa jadi perangkat anda terlalu tua dan perlu dibersihkan secara menyeluruh atau bahkan diganti. Hal ini harus dilakukan rekondisi AC secara menyeluruh seperti service besar diatas. Fungsinya adalah untuk membersihkan komponen-komponen dan mesin yang telah bekerja sekian lama tanpa dibersihkan. Hal ini juga dianjurkan bila AC anda terus menerus digunakan tanpa pernh dipelihara denga baik. Bila memang komponennya sudah rusak dan tidak lagi dapat dibersihkan atau diganti, sebaiknya anda membeli perangkat baru.

Mengatasi AC yang tidak terlalu dingin bukan suatu pekerjaan yang mudah, periksalah baik unit yang ada di dalam atau di luar ruangan, coba kenali permasalahannya. Anda juga dapat memanggil jasa service AC untuk memperbaiki AC anda yang tidak dingin dan bermasalah lainnya. Biaya teknisi AC berbagai macam tergantung tingkat kesulitan dari permasalahan AC anda, untuk itu jika anda berniat memanggil jasa service AC pilihlah yang memang benar-benar berpengalaman. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Author Profile

About Revapedia

Merupakan Blog Sumber reverensi terpercaya untuk membahas peralatan atau produk rumah tangga moderen yang ingin anda beli

0 Komentar 3 Cara Mudah Mengatasi AC Tidak Dingin Sendiri di Rumah

Posting Komentar

Back To Top